Unknown Radikal organik dan teori struktur kimia Thursday, June 30, 2011 Masalah struktur kimia dan elektrokimia akhirnya terpecahkan lewat perkembangan kimia organik. Ahli  kimia organik  pertama di masa du... 5

Radikal organik dan teori struktur kimia


Masalah struktur kimia dan elektrokimia akhirnya terpecahkan lewat perkembangan kimia organik.
Ahli kimia organik pertama di masa dulu adalah kimiawan jerman, Justus van Liebig dan kimiawan Perancis, Jean Baptiste Andre Dumas. Tahun 1830, Liebig menemukan sebuah alat yang membuat analisa organik menjadi cepat, memuaskan dan teliti, dan lembaga laboratoriumnya di Universitas Giessen di Hesse yang kecil menjadi sekolah kimia paling terkenal di dunia. Liebig mengajar sejumlah besar ahli kimia, dan mahasiswanya membantu dalam program penelitiannya. Ia merupakan tokoh terdepan dalam kemunculan universitas penelitian dan gagasan kelompok penelitian. Sebagai profesor di Giessen, dan kemudian di Universitas Munich, ia menekankan penerapan praktis ilmu kimia, khususnya untuk fisiologi, pertanian dan produk konsumsi. Dumas memiliki pengaruh yang sama di Perancis, mengajar mahasiswa dan melakukan penelitian di laboratorium pribadi di Paris.

Justus von Liebig
Baik Liebig maupun Dumas pada awalnya menerima skema Berzelian dan mencoba memahami molekul organik sebagai kumpulan radikal yang tidak dikenal dan disatukan secara elektrokimia. Kimiawan Perancis yang lebih muda, Auguste Laurent dan Charles Gerhardt mempelajari reaksi substitusi Klor dan meragukan model mereka. Setelah tahun 1840 Liebig dan Dumas berkiblat pada positivisme. Di tahun 1852, mantan asisten pasca doktoralnya dari Inggris, Edward Frankland, menemukan keberaturan dalam kapasitas penyatuan atom logam dan semi logam tertentu. Di saat yang sama, dua bekas mahasiswa Liebig dan Dumas, Alexander Williamson di London dan Charles Adolphe Wurtz di Paris, secara independen mendekati gagasan yang sama dari arah berbeda. Menggunakan sistem berat atom dan rumus yang dikembangkan oleh Gerhardt dan Laurent – versi modifikasi dari sistem Berzelius yang menggunakan gagasan Avogadro lebih konsisten – mereka mengajukan kalau atom oksigen dapat dikombinasikan dengan dua atom lain yang lebih sederhana, seperti hidrogen, atau dengan dua radikal organik dan kalau atom nitrogen dapat mengikat dengan ketiganya. Inilah awal dari konsep valensi.

Charles Adolphe Wurtz

Sumber:
faktailmiah.com
Transcend 4 GB Class 6 SDHC Flash Memory Card TS4GSDHC6

Related Posts On Materi Kimia

No comments:


Copyright © Desa Loyang

Sponsored By: Free For Download Template By: Fast Loading Seo Friendly Blogger Template