Unknown Bahasa Menyimpangkan Persepsi kita terhadap Benda Tuesday, July 12, 2011 Beberapa bahasa memiliki gender gramatikal. Mereka memberikan gender pada setiap kata. Dalam bahasa Spanyol, dapur (la cocina) adalah fem... 5

Bahasa Menyimpangkan Persepsi kita terhadap Benda


Beberapa bahasa memiliki gender gramatikal. Mereka memberikan gender pada setiap kata. Dalam bahasa Spanyol, dapur (la cocina) adalah feminin. Anda bisa mengenalinya dengan huruf “a” di akhir kata. Burrito adalah maskulin. Huruf “o” menandakannya. Dalam bahasa Indonesia, ketika ada tetangga datang, kita cukup bilang, “tetangga sebelah datang”, tapi dalam bahasa Spanyol, ada dua versi tetangga, “vecino” atau “vecina” tergantung kelaminnya. 
Masalah yang dihadapi bahasa bergender gramatikal adalah bahkan benda tak hiduppun harus memiliki gender. Dan gender yang ada bersifat manasuka. Dalam bahasa Spanyol, kata untuk jembatan bersifat maskulin. Dalam bahasa Jerman, jembatan diberi gender feminin. Orang Spanyol dan Jerman tahu kalau tidak masuk akal kalau jembatan itu memiliki gender, tapi kesepakatan bahasa memaksanya.
Eksperimen menunjukkan kalau bahasa berdampak naluriah dalam wujud memberikan kata sifat berbasis gender pada benda tak hidup. Ketika ilmuan menunjukkan gambar jembatan pada penutur Jerman dan meminta mereka memberikan kata sifat yang sesuai, orang Jerman memilih kata sifat yang cenderung feminin, seperti “jembatan itu seksi, jembatan itu ramping, jembatan itu cantik, jembatan itu anggun, jembatan itu mulus, dsb.” Ketika orang Spanyol yang diminta, mereka mengatakan “jembatan itu kokoh, jembatan itu tegar, jembatan itu keras, jembatan itu kuat, jembatan itu perkasa,” dsb. Padahal, potret jembatan yang diberikan itu sama.
Bahasa Perancis memberikan gender feminin pada perangkat rumah tangga dengan menyebutnya “fourchette” sementara bahasa Spanyol memberikan gender maskulin dengan menyebutnya “el tenedor.” Dalam eksperimen berbeda, para ilmuan meletakkan sebuah garpu di atas meja dan meminta subjek berbahasa Perancis dan Spanyol membayangkan kalau garpu tersebut bisa berbicara. Seperti telah diduga, orang Perancis membayangkan garpu tersebut berbicara dengan suara perempuan, sementara orang Spanyol membayangkannya berbicara dengan suara laki-laki. Padahal garpunya sama.

Sumber:
http://www.faktailmiah.com/2011/05/06/bahasa-menyimpangkan-persepsi-kita-terhadap-benda.html

Related Posts On Materi Psikologi

No comments:


Copyright © Desa Loyang

Sponsored By: Free For Download Template By: Fast Loading Seo Friendly Blogger Template