Unknown Hologram Bergerak: Fiksi Ilmiah menjadi Kenyataan Wednesday, July 13, 2011 Aplikasi potensial telepresence hologram meliputi iklan, update peta 3D dan hiburan. Telemedicine adalah aplikasi potensial lainnya. M... 5

Hologram Bergerak: Fiksi Ilmiah menjadi Kenyataan


Aplikasi potensial telepresence hologram meliputi iklan, update peta 3D dan hiburan. Telemedicine adalah aplikasi potensial lainnya.
Masih ingat adegan film Star Wars, di mana proyeksi gambar tiga-dimensi R2D2 dari Putri Leia yang tengah bermasalah mengirimkan panggilan bantuan kepada Luke Skywalker beserta sekutu-sekutunya? Apa yang seharusnya menjadi fiksi ilmiah sekarang mendekati kenyataan berkat sebuah terobosan dalam teknologi pencitraan holografik 3D yang dikembangkan di Universitas Arizona College of Optical Sciences.
Sebuah tim yang dipimpin oleh profesor ilmu optik, Nasser Peyghambarian, mengembangkan tipe baru telepresence holografik yang memungkinkan proyeksi gambar tiga dimensi bergerak tanpa perlu kacamata khusus seperti kacamata 3D atau perangkat tambahan lainnya. Teknologi ini mungkin bisa digunakan untuk aplikasi mulai dari telemedicine, iklan, update peta 3D dan hiburan ke tingkat yang lebih baru.
Jurnal Nature memilih teknologi ini untuk fitur di sampul edisi 4 Novembernya.
Telepresence holografik berarti kita bisa merekam gambar tiga dimensi di suatu lokasi dan menunjukkannya di lokasi lain, secara real-time, di mana saja di dunia,” kata Peyghambarian, yang memimpin upaya penelitian.
“Stereografi holografik mampu memberikan resolusi yang sangat baik dan reproduksi yang mendalam tentang skala besar gambar 3D statis,” tulis para penulis, “tetapi telah kehilangan kemampuan dalam memperbarui dinamisnya sampai sekarang.”
“Jantung sistem ini adalah layar yang terbuat dari bahan photorefractive baru, mampu me-refreshhologram setiap dua detik, membuatnya yang pertama dalam mencapai kecepatan yang bisa digambarkan sebagai quasi-real-time,” kata Pierre-Alexandre Blanche, seorang profesor riset asisten di College UA dari Optical Sciences dan memimpin penulis makalah Nature.
Perangkat prototipe menggunakan layar 10 inci, tapi kelompok Peyghambarian sudah berhasil menguji versi yang jauh lebih besar dengan layar 17-inci. Gambar yang terekam menggunakan sebuah larik kamera biasa, yang masing-masing objek pandangan berasal dari perspektif yang berbeda. Lebih banyak kamera yang digunakan, maka lebih halus presentasi holografik akhir yang dihasilkannya.
Informasi tersebut kemudian dikodekan ke sinar laser getaran cepat, yang bercampur dengan sinar lain yang berfungsi sebagai referensi. Pola interferensi yang dihasilkannya tertulis ke dalam polimerphotorefractive, membuat dan menyimpan gambar. Setiap getaran laser mencatat sebuah “hogel” individual di dalam polimer. Sebuah hogel (singkatan dari holographic pixel) adalah versi tiga dimensi dari sebuah piksel, unit dasar yang membentuk gambar.
Hologram memudar oleh peluruhan gelap alami setelah beberapa menit atau detik, tergantung pada parameter eksperimental. Atau bisa dihapus dengan merekam gambar 3D baru, menciptakan struktur difraksi baru dan menghapus pola lama.
Peyghambarian menjelaskan: “Katakanlah saya ingin memberikan presentasi di New York. Yang saya butuhkan adalah sebuah larik kamera di kantor saya di Tucson dan koneksi internet yang cepat. Di ujung lain, di New York, akan ada tampilan 3D yang menggunakan sistem laser kami. Semuanya ini sepenuhnya otomatis dan dikendalikan oleh komputer. Sebagaimana sinyal gambar terkirim, laser menuliskan mereka ke layar dan membuat mereka menjadi proyeksi saya yang sedang berbicara dalam bentuk tiga dimensi.”
Pengaturan rekaman keseluruhannya tidak sensitif terhadap getaran karena durasi pulsa pendek dan tidak cocok untuk aplikasi lingkungan industri tanpa ada kebutuhan khusus untuk getaran, kebisingan atau kontrol suhu.
Salah satu keunggulan utama sistem yang tidak pernah tercapai sebelumnya adalah apa disebut oleh kelompok Peyghambarian sebagai parallax penuh: “Ketika Anda menggerakkan kepala kiri dan kanan atau atas dan ke bawah, Anda melihat perspektif yang berbeda. Ini yang membuat gambar seperti sangat hidup. Manusia digunakan untuk melihat hal-hal dalam 3D.”
Pekerjaan ini adalah hasil kolaborasi antara UA dan Nitto Denko Technical, atau NDT, sebuah perusahaan di Oceanside, California. NDT menyediakan sampel polimer dan pembuatan media. “Kami telah membuat kemajuan besar dalam fabrikasi film polimer photorefractive yang memungkinkan untuk gambar 3D yang sangat menarik, dideskripsikan dalam artikel Nature mendatang,” kata, Michiharu Yamamoto, wakil presiden pada NDT dan rekan penulis makalah.
Aplikasi potensial telepresence hologram meliputi iklan, update peta 3D dan hiburan. Telemedicine adalah aplikasi potensial lainnya: “Para ahli bedah di lokasi yang berbeda di seluruh dunia dapat mengamati dalam 3D, secara real time, dan berpartisipasi dalam prosedur bedah,” tulis para penulis.
Sistem ini merupakan kemajuan besar terhadap hologram yang dihasilkan komputer, yang menempatkan tuntutan daya komputasi tinggi dan memakan waktu terlalu lama untuk menjadinya praktis bagi berbagai aplikasi real-time.
Saat ini, sistem telepresence dapat hadir dalam satu warna saja, tetapi Peyghambarian dan timnya telah menunjukkan perangkat tampilan 3D multi-warna yang mampu menulis gambar pada tingkat me-refreshyang lebih cepat, mendekati kelancaran transisi gambar pada layar TV. Perangkat ini dapat dimasukkan ke pengaturan telepresence dalam waktu dekat.

Sumber:
http://www.faktailmiah.com/2010/11/04/hologram-bergerak-fiksi-ilmiah-menjadi-kenyataan.html

Related Posts On Berita Matematika

No comments:


Copyright © Desa Loyang

Sponsored By: Free For Download Template By: Fast Loading Seo Friendly Blogger Template