Unknown Homeopati Wednesday, July 13, 2011 Dalam dunia kedokteran, tidak diakui secara ilmiah kalau jiwa ada sebagai sesuatu yang lebih dari sekedar konsep religius. Berbeda dengan... 5

Homeopati


Dalam dunia kedokteran, tidak diakui secara ilmiah kalau jiwa ada sebagai sesuatu yang lebih dari sekedar konsep religius. Berbeda dengan homeopati.
Seorang teman menyodorkan link berikut untuk dikritisi
Homeopati merupakan praktek pengobatan yang berbasis pada keyakinan kalau kesehatan adalah masalah keseimbangan dan keselarasan. Menurut Samuel Christian Friedrich Hahnemann (1755-1843), perintis homeopati, roh manusia lah yang melakukan penyembuhan dan penyelarasan tersebut. Dengan kata lain, jiwa manusia yang melakukan penyembuhan.
Metode penyembuhan homeopati versi Hahnemann cukup modern, yaitu mencari obat yang tepat untuk penyakit yang dihadapi. Masalahnya, pengobatannya tidak dirancang untuk membantu tubuh memerangi infeksi atau membangun jaringan, namun semata membantu roh untuk bekerja. Hahnemann percaya kalau mustahil menemukan sifat proses penyakit dan karenanya hanyalah sia-sia melakukan penelitian penyembuhan penyakit berbasis teori biologi dan fisiologi yang biasa.
Pengobatan homeopati ditentukan oleh gejala yang dialami pasien, bukan oleh penyakit penyebab gejala tersebut. Seperti kita tahu, beberapa jenis penyakit bisa ditunjukkan oleh gejala yang sama. Akibatnya, pengobatan homeopati tidak efektif, dan bahkan dapat berbahaya.
Selain itu, pendasaran pengobatan penyakit dari gejalanya bersifat subjektif. Beberapa orang dapat tidak mengetahui gejala penyakitnya dan berakibat pada subjektivitas penyembuh. Seperti kata Carrol, seratus ahli homeopati dapat menyiapkan seratus resep obat berbeda untuk satu orang pasien.
Prinsip homeopati tidak dapat dipakai di dunia modern sekarang karena kita tahu bahwa tubuh manusia tidak sesederhana dualitas jiwa-raga. Bukan hanya di Indonesia, di barat pun homeopati tidak dipandang ilmiah dan merupakan praktek pengobatan yang beresiko. Apa jadinya kalau anda dirawat oleh tukang jamu yang tidak mengerti kinerja penyakit kanker misalnya?
Sudah dua ratus tahun homeopati dikenalkan di masyarakat, tapi tidak satupun bukti yang menunjukkan kalau homeopati lebih efektif dari plasebo. Anda tahu plasebo? Itu sejenis obat biasa tanpa khasiat. Tapi orang yang mengalami penyakit merasa sembuh dan sehat karena efek psikologis darinya. Paramedis di saat perang memiliki stok plasebo yang sangat banyak. Saat seorang tentara terluka, mereka memberikan obat yang benar-benar efektif. Tapi saat obat ini habis, tidak ada pilihan lain, maka paramedis akan memberikan plasebo. Tentara tersebut mungkin merasa sehat, tapi sebenarnya itu hanya perasaannya saja, karena ia melihat temannya sehat (teman tersebut memakan obat yang efektif, bukan plasebo).
Ramey (2000) mengatakan bahwa: Homepati telah dipelajari dalam sedikitnya 12 penelitian ilmiah, termasuk studi meta analisis, sejak pertengahan 1980an. Penemuannya semua konsisten: pengobatan homeopati tidak efektif.
Bahkan seandainya memang obat homeopati menyembuhkan penyakit saya, katakanlah sakit siku. Saya seharusnya menyelidiki zat apa yang terkandung di dalam obat tersebut. Memang ada beberapa obat homeopati yang memiliki kandungan aktif. Walau begitu, bila dari sekian banyak orang yang mengalami sakit siku tidak sembuh oleh obat homeopati, sementara saya sembuh, maka lebih masuk akal kalau bukan obat tersebut yang menyembuhkan saya, tapi sebab lainnya. Hal ini yang tidak dipikirkan oleh sebagian besar orang yang mengaku penyakit mereka disembuhkan oleh pengobatan homeopati
Berita berikut menunjukkan bahaya homeopati : Parents Guilty of Manslaughter over daughter’s Eczema Death

Sumber:
http://www.faktailmiah.com/2010/08/14/homeopati.html

Related Posts On Berita Kimia

No comments:


Copyright © Desa Loyang

Sponsored By: Free For Download Template By: Fast Loading Seo Friendly Blogger Template