Unknown Tahukah Anda Kalau Lubang Hitam Pertama Hampir Sama Tuanya Dengan Alam Semesta Thursday, July 14, 2011 Lubang Hitam yang pertama ternyata usianya hampir sama tuanya dengan alam semesta itu sendiri. Gagasan kalau lubang hitam dapat ada beras... 5

Tahukah Anda Kalau Lubang Hitam Pertama Hampir Sama Tuanya Dengan Alam Semesta

Lubang Hitam yang pertama ternyata usianya hampir sama tuanya dengan alam semesta itu sendiri.

Gagasan kalau lubang hitam dapat ada berasal dari seorang rektor universitas di Inggris bernama John Michell. Tahun 1783, beliau menghitung kalau gaya gravitasi yang dihasilkan sebuah bintang yang masif dapat mencegah cahaya lari dari permukaannya. Perhitungan Michell terlupakan selama 200 tahun. Baru tahun 1971 para ahli astrofisika menemukan kerlipan sinar X dari rasi Signus, 8 ribu tahun cahaya jauhnya : radiasinya mencirikan adanya lubang hitam yang mengelilingi sebuah bintang. Seperti lubang hitam lainnya, ia terbentuk saat bintang kehabisan bahan bakar dan runtuh dengan sendirinya. Bila matahari entah bagaimana menjadi lubang hitam, maka ia harus runtuh menjadi kurang dari lima kilometer saja, menjebak dalam ruang terbengkokkan yang melipatnya. Bila bumi yang menjadi lubang hitam, ia harus seukuran sebuah kelereng.

Lubang Hitam Cygnus X1
Lubang hitam pertama di alam semesta muncul hampir 14 miliar tahun lalu, menurut Abraham Loeb, astrofisikawan Universitas Harvard. Saat itu, gas mulai mengembun menjadi awan yang terpecah-pecah menjadi bintang-bintang masif, yang ukurannya bisa mencapai 100 kali ukuran matahari, yang pada gilirannya menjadi lubang hitam. Untungnya, pusingan dari galaksi-galaksi purba membatasi pertumbuhan lubang hitam di intinya, dan memungkinkan pembentukan bintang.
Para ahli fisika kini mulai membuat semacam lubang hitam di bumi. Para peneliti China misalnya, membangun silinder-silinder konsentrik yang meniru lubang hitam, membengkokkan radiasi gelombang mikro dengan dirinya sendiri saat ia melalui permukaan luar ke dalam. Dan sebuah lubang hitam nyata bisa saja muncul dari Large Hadron Collider di dekat Geneva.

Sumber:
http://www.faktailmiah.com/2010/08/16/lubang-hitam-pertama-hampir-sama-tuanya-dengan-alam-semesta.html

Related Posts On Berita Fisika

No comments:


Copyright © Desa Loyang

Sponsored By: Free For Download Template By: Fast Loading Seo Friendly Blogger Template