Unknown Tanaman di Chernobyl Bertahan Hidup terhadap Radioaktif Friday, July 15, 2011 "Sulit dipercaya bagaimana cepatnya ekosistem ini telah mampu beradaptasi." Para ilmuwan telah menemukan mekanisme yang memu... 5

Tanaman di Chernobyl Bertahan Hidup terhadap Radioaktif


"Sulit dipercaya bagaimana cepatnya ekosistem ini telah mampu beradaptasi."
Para ilmuwan telah menemukan mekanisme yang memungkinkan tanaman bisa tumbuh subur di lingkungan yang dipenuhi radioaktif tinggi seperti di Chernobyl.
Mereka menganalisis benih dari kedelai dan rami tumbuh dekat lokasi reaktor nuklir Chernobyl yang meledak pada tahun 1986.
Tim mengatakan bahwa tanaman memiliki kemampuan bawaan untuk mengatasi radioaktif.
Studi ini diterbitkan di jurnal Environmental Science and Technology.
Salah satu peneliti berspekulasi bahwa mekanisme tersebut dapat ditelusuri kembali ke jutaan tahun yang lalu, ketika bentuk-bentuk kehidupan awal terpapar pada tingkat yang lebih tinggi dari radiasi alam.
Kecelakaan ‘Terburuk’
Jika terjadi bencana, tanaman tidak dapat pindah ke lokasi yang lebih baik – yang dapat mereka lakukan hanya beradaptasi, atau mati.
Ketika salah satu reaktor pembangkit listrik nuklir Chernobyl meledak pada tanggal 26 April 1986, kecelakaan itu disebut sebagai bencana nuklir terburuk dalam sejarah manusia.
Sejumlah orang meninggal, ratusan jatuh sakit dengan penyakit akut akibat radiasi.

Suasana pasca ledakan reaktor nuklir Chernobyl
Seluruh penduduk kota industri, Pripyat,  yang menampung tenaga kerja pembangkit listrik itu dievakuasi.
Banyak yang percaya bahwa daerah itu akan tetap mati selama beberapa generasi.
Hampir seperempat abad kemudian, Pripyat tetap menjadi kota hantu. Tapi meski jalanan sepi, lahannya tidak serta merta menjadi gersang – pohon dan tanaman bermunculan kembali ke kehidupan.
Tanaman ‘Berkembang’
Cara ekosistem Pripyat yang sepertinya lolos dari kontaminasi, menarik perhatian dunia ilmu pengetahuan, dan pada 2005, PBB bahkan menerbitkan laporan tentang fenomena tersebut.
Kemudian, pada tahun 2007, sekelompok peneliti memakai masker, kacamata dan sarung tangan memutuskan untuk menyelidiki bagaimana tanaman mampu bertahan di sana.
Mereka masuk ke area terbatas, lalu menanami kedelai dan biji rami pada bidang yang sangat tercemar, hanya beberapa kilometer dari lokasi kecelakaan di lingkungan Pripyat.
Kemudian mereka menabur benih yang sama di lapangan kontrol di kawasan yang tidak terkontaminasi dekat kota Chernobyl.

Tanaman kedelai berkembang di tanah yang terkontaminasi
Salah satu peneliti, Martin Hajduch dari Akademi Ilmu Pengetahuan Slovakia, mengatakan kepada BBC News, meskipun penelitian sebelumnya telah menganalisis bagaimana gen bermutasi karena radioaktif, timnya ingin melakukan sesuatu yang berbeda.
Mereka ingin menyelidiki mekanisme molekuler yang memungkinkan tanaman beradaptasi dengan sebuah lingkungan yang tercemar.
Untuk melakukan itu, mereka menunggu tanaman tumbuh dan menghasilkan benih baru dan kemudian memeriksa protein mereka.
“Kami memutuskan untuk menerapkan metodologi  yang disebut ‘proteomik’ yang mampu mengidentifikasi ratusan protein,” kata Dr Hajduch.
Dia menjelaskan bahwa proteomik merupakan penelitian protein – bagian penting dari semua organisme hidup. Kata “proteome” sebenarnya merupakan campuran dari “protein” dan “genome” dan menggambarkan seluruh komplemen protein yang diproduksi oleh gen suatu organisme.
“Protein merupakan fingerprint kegiatan metabolik. Dan setelah kami membandingkan protein dari biji panen dari kedua bidang, kami melihat yang sama pada kedua jenis bibit.”
Alasan Bersejarah
Dia mengatakan, meskipun kedelai dan rami beradaptasi sama baiknya terhadap lingkungan tercemar, mereka melakukannya dengan cara yang sedikit berbeda.
“Pada kedelai, kami mendeteksi mobilisasi protein penyimpanan benih dan proses mirip dengan apa yang kita lihat ketika tanaman beradaptasi [ke tingkat tinggi] pada logam berat,” jelasnya.
“Pada rami adalah berbeda. Kami melihat protein lebih terlibat dalam sel sinyal, misalnya.”
Ilmuwan mencatat bahwa mungkin ada alasan bersejarah mengapa itu jauh lebih mudah bagi tanaman untuk membiasakan diri hidup dalam peningkatan tingkat radiasi.

Para ilmuwan harus memakai masker, kacamata dan sarung tangan untuk bekerja di daerah radioaktif
“Sulit dipercaya bagaimana cepatnya ekosistem ini telah mampu beradaptasi,” katanya.
“[Pasti ada] beberapa jenis tanaman mekanisme yang sudah ada dalam diri mereka. Radioaktif sudah lama ada di Bumi, dari tahap awal pembentukan planet kita.
“Ada lebih banyak radioaktif di permukaan sebelumnya dari yang ada sekarang, jadi mungkin ketika hidup berkembang, tanaman ini melewati radioaktif dan mereka mungkin mengembangkan beberapa mekanisme yang kini berada di dalamnya.”

Sumber:
http://www.faktailmiah.com/2010/09/21/tanaman-di-chernobyl-bertahan-hidup-terhadap-radioaktif.html

Related Posts On Berita Biologi

No comments:


Copyright © Desa Loyang

Sponsored By: Free For Download Template By: Fast Loading Seo Friendly Blogger Template