Unknown Cincin Bishop Monday, July 4, 2011 Bulan Agustus 1883, Pulau Krakatau di Selat Sunda antara Sumatera dan Jawa meletus. Bulan September, reverend Sereno, Bishop di Honolulu, ... 5

Cincin Bishop

Bulan Agustus 1883, Pulau Krakatau di Selat Sunda antara Sumatera dan Jawa meletus.
Bulan September, reverend Sereno, Bishop di Honolulu, menceritakan tentang corona atau halo aneh yang menyebar 20 hingga 30 derajat dari Matahari, yang terlihat setiap hari dan sepanjang hari. Kabut putih bercampur merah muda, mengabur menjadi lilac atau ungu di latar biru. “ Apa yang menyebabkan halo yang disebut cincin Bishop ini, yang sering kali menemani letusan gunung berapi? Apa yang menentukan ukuran dan warna sisinya?
Cincin Bishop terjadi karena difraksi cahaya oleh partikel kecil yang dilontarkan ke atmosfer atas oleh gunung berapi.  Difraksi adalah sejenis penghamburan; dinisi partikel kecil menyebarkan cahaya putih menjadi beragam warna komponennya.
Partikel besar dari letusan gunung berapi meninggalkan atmosfer, namun partikel kecil tetap mengambang dan menyebar mengelilingi dunia lewat perputaran atmosfer di atas sana. Saat kamu melihat ke sisi Matahari, selain cahaya langit biasa, kamu juga dapat memotong cahaya yang dihamburkan ke arahmu oleh partikel kecil ini.
Cahaya tambahan ini membuat daerah melingkar mengelilingi matahari dengan kecemerlangan khusus, seolah ia adalah cincin mengelilingi matahari.
Ukuran cincin tergantung pada keluasan difraksi, yang lebih besar bila partikelnya lebih kecil. Sisi cincin dapat berwarna merah karena warna merah, dengan panjang gelombang terpanjang di spektrum tampak, adalah yang paling menyebar (terdifraksi). Karenanya, sebuah partikel di ujung cincin dapat mendifraksikan cahaya merah, bukannya biru.
Namun, ujungnya dapat ungu bila kamu memotong cahaya merah yang terdifraksi dan cahaya biru normal langit di sisinya. Cincin ini memiliki sisi yang lebih berwarna dan lebih tajam bila partikel debu semuanya berukuran sama dan berdifraksi. Bila ia memiliki banyak ragam ukuran, cincinnya menjadi kabur dan keputihan.

Sumber :

Related Posts On Materi Fisika

No comments:


Copyright © Desa Loyang

Sponsored By: Free For Download Template By: Fast Loading Seo Friendly Blogger Template