Unknown Keutamaan Membaca Al-Quran Sunday, August 28, 2011 Membaca Al-quran merupakan ibadah yang paling utama dan dicintai Allah. Dalam hal ini para ulama sepakat, bahwa hukum membaca Al-quran adal... 5

Keutamaan Membaca Al-Quran

Membaca Al-quran merupakan ibadah yang paling utama dan dicintai Allah. Dalam hal ini para ulama sepakat, bahwa hukum membaca Al-quran adalah wajib a’in. Maknanya, setiap individu yang mengaku beragama islam harus mampu membaca Al-quran dengan baik dan benar. Kalau tidak, maka ia berdosa. Karena bagaimana mungkin kita mengamalkan Al-quran tanpa mau membaca dan memahaminya. Beriman terhadap Al-quran bukan sekedar percaya saja, namun harus dibuktikan dengan implementasi yang nyata sebagai tuntutan dari iman tersebut yaitu membaca, memahami dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Al-quran merupakan pedoman, konsep dan aturan hidup manusia. Dalam konteks hablum manillah, Al-quran mengatur relasi hamba dengan khaliqnya. Hubungan vertikal ini dalam bahasa syariat disebutibadah seperti sholat, puasa, zakat dan haji. Sedangkan dalam konteks hablum minanaas, Al-quran menjelaskan tatacara hubungan dengan manusia dengan dirinya, manusia lain dan mahkluk Allah lainnya. Hubungan horizontal ini dikenal dengan sebutan muamalah. Konkritnya, Al-quran memberi petunjuk bagaimana mencapai kebahagiaan hidup didunia dan diakhirat.

Mengamalkan Al-quran merupakan kewajiban bagi setiap muslim, bahkan menjadi syarat utama menjadi seorang yang beriman. Allah SWT dan RasulNya SAW telah memerintahkan kita untuk mengamalkan Al-quran dan As-sunah, agar kita selamat dunia dan Akhirat. Bahkan Rasulallah SAW mwngingatkan kita akan pentinya pengamalan terhadap Al-qurandan sunah Rasul SAW dengan sabdanya, “Aku tinggalkan kepada kamu sekalian dua hal, jika kamu berpegang teguh kepada keduanya niscaya kamu tidak akan sesat selama-lamanya, yaitu Al-quran dan Sunnah Rasul SAW.” (HR.At-Tarmidzi) hadist ini menunjukan bahwa orang sesat itu yang meninggalkan ajaran Al-quran dan As-sunah.

Related Posts On Dakwah Islam

2 comments:

Nur Anisah SH MSi said...

Subhanallah, suatu tulisan yang indah.....

Keutamaan Al Qur'an yang lain, silahkan anda kunjungi di http://tausiahmuslim.blogspot.com/2011/11/keutamaan-membaca-al-quran.html
Silahkan download artikel sepuasnya, karena berbagi itu indah

Artikel Menarik said...

makasih info nya sobat


Copyright © Desa Loyang

Sponsored By: Free For Download Template By: Fast Loading Seo Friendly Blogger Template